ULANG TAHUN

  • Hari ini : Kartini
  • Kemarin : Kasdi

KUNJUNGAN

PENGUNJUNG

IP

ONLINE

free counters

WALIMATUSSAFAR MELEPAS CALON JEMAAH HAJI TJE GROUP 2010

BY WLN

Walimatussafar TJE Group 2010 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SETIAP calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji, lazimnya mengadakan suatu acara yang bertujuan untuk menyampaikan ucapan selamat dan mengiringi doa keberangkatan calon jamaah haji agar lancar didalam pelaksanaan ibadah dan mendapat predikat haji mabrur. Kebiasaan ini diiringi suatu harapan, pada suatu hari kelak, mudah-mudahan yang hadir di acara itu pun mampu melaksanakan ibadah haji sebagaimana orang yang akan melaksanakan Rukun Islam kelima tersebut. Acara tersebut kita kenal dengan nama “Waliimatussafar” yang berasal dari akar kata Waliimah yang berarti jamuan atau pesta dan Safar yang berarti perjalanan. Dengan demikian kata Waliimatussafar berarti jamuan atau pesta bagi orang yang hendak melakukan perjalanan jauh.

Sebanyak 9 orang karyawan Truba Jaya Group berencana berangkat ke tanah suci untukmenjalankan ibadah haji di 1431 H ini. Berkaitan dengan hal tersebut maka diadakanlah acara Walimatussafar pada hari Rabu, 20 Oktober 2010 di pelataran parkir belakang gedung A Head Office Jakarta.

Acara sore itu dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan saritilawah : Surat Ali – Imran ayat 95 – 97 dan Surat Al – Baqarah ayat 197. Acara sambutan pertama dari management diwakili oleh Bapak MMA Gofran selaku Operation Director, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari wakil jamaah calon haji yaitu Bapak Kasdi.

Calon jemaah haji yang akan berangkat menunaikan Ibadah Haji ke tanah suci insaya Allah adalah :

1. Bapak / Ibu Subandono – Proyek Muara Karang

2. Bapak / Ibu Setiawan – Proyek Palabuhanratu

3. Bapak / Ibu Mursil Muchtiar – PT Truba Gading Megah

4. Bapak / Ibu Benny S. Salam – Proyek Muara Karang

5. Ibu Puji Rahayu & Keluarga – Internal Audit Dept.

6. Bapak / Ibu Eryanto Adi Nugroho – Operation Dept.

7. Bapak / Ibu Parwoto – Quality Control Dept.

8. Bapak / Ibu Agus Nugraha – Proyek INCO

9. Bapak / Ibu Kasdi – FAT Div.

Berikut adalah sedikit info yang ingin saya sampaikan saat sedang mendengarkan tausiah dari Bapak Ustadz Drs. H. Endang Darwis : Wajib hukumnya bagi setiap umat manusia yang akan melaksanakan ibadah haji untuk berkumpul di Padang Arafah pada tanggal 9 bulan haji (bulan dzulhijjah). Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat berada di Arafah (wukuf-berdiam diri sambil berdoa), yaitu berdoa minta ampun atas segala dosa, dikukuhkan iman islamnya, dan dapat dipertemukan kembali dengan kelurga tercinta baik di dunia maupun di akhirat. Di Mina jemaah haji akan menemui tugu jumrah yakni tempat melaksanakan kegiatan melontarkan batu sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan . Melempar jumrah dilakukan sebanyak 7x sambil berniat untuk melempar 7 penyakit hati , yakni : hasut, bohong, takabur, tidak bersyukur, malas ibadah dan pelit. Pada intinya pelaksanaan ibadah haji menitik beratkan pada unsur spiritual dan perilaku. Saat berada di tanah suci upayakan agar dapat menjauhkan diri dari 3 hal : tidur, ngobrol dan jalan-jalan, karena sesungguhnya hal tersebut mengurangi ke-khusyukan dalam beribadah.

Dengan berakhirnya tausiah disertai dengan bersalaman-salaman dengan para calon jamaah haji, berakhirlah pula acara walimatussafar pada sore hari itu. Semoga calon jamaah haji dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk dan menjadi haji yang mabrur serta dapat kembali ke tanah air dengan selamat sentosa.

Amien…

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>