ULANG TAHUN

    KUNJUNGAN

    PENGUNJUNG

    IP

    ONLINE

    free counters

    Manfaat Jeruk Purut

    sender Tina

    jerukAnda tentu tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, terutama bagi anda kaum ibu dan juga bapak-bapak yang hobi tata boga maupun kuliner. Ukuran buah ini relative kecil dan memang rasanya asem agak pahit. Untuk memperolehnya juga tidak terlalu susah, anda bisa memperolehnya di pasar tradisional atau bahkan dapat menanamnya sendiri dipekarangan rumah anda. Buah yang dimaksud adalah jeruk purut, jangan salah ya…PURUT. Apa yang istimewa dengan buah yang kecil ini, jangan anda lewatkan ayo kita simak penjelasan selengkapnya.

    Jeruk purut ini dapat dikembangbiakan dengan cara pencangkokan maupun dengan menanam bijinya. Perawatannya relative lebih mudah disbanding dengan menanam dan merawat bunga. Buahnya dapat dimanfaatkan untuk untuk bumbu masakan, pembuatan kue atau dibuat manisan serta bisa menghilangkan bau amis tak sedap sehabis membersikan ikan atau daging.

    Sifat dan Khasiat Daun jeruk purut berkhasiat stimulant dan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimulan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat dan lama kelamaan agak pahit. Kandungan Kimia Daun mengandung tanin 1, 8%, steroid triterpenoid dan minyak asiri 1-1, 5% v/b. Kulit buah mengandung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2-2, 5% v/b.

    Seperti dikatakan sebelumnya bahwa Jeruk purut ini tidak hanya sekedar sebagai bumbu masak di dapur aja tetapi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah buah dan daun nya.

    Berikut beberapa manfaat dan kegunaan jeruk purut :

    Buah jeruk purut digunakan untuk mengatasi:
    -Influenza
    -Badan terasa lelah
    -Rambut kepala yang bau (mewangikan kulit) dan
    -Kulit bersisik dan mengalupas

    Daun jeruk purut digunakan untuk mengatasi:
    -Badan letih dan lemah sehabis sakit berat

    Cara Pemakaian
    1. Sebagai obat yang diminum, yaitu sediakan 1-2 buah jeruk purut yang telah masak, kemudian diperas untuk diambil airnya, langsung diminum.
    2. Sebagai obat luar, belah jeruk purut menjadi 2-4 bagian, lalu gosokkan ke kulit yang bersisik atau air perasan buahnya digunakan untuk membasahi rambut setelah keramas.

    Contoh pemakaian

    Influenza
    Pilih sebuah jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, lalu diperas. Seduh air perasannya dengan 60cc air panas. Minum sekaligus selagi hangat.

    Kulit bersisik dan mengelupas
    Belah jeruk purut tua menjadi 2 bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik, kering dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari, malam sebelum tidur.

    Mewangikan rambut kepala
    Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas.

    Badan lelah setelah bekerja atau letih sehabis sakit berat
    Sediakan 2 genggam daun jeruk purut segar. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

    Ternyata walaupun kecil bentuknya dan asam rasanya tapi besar manfaat.

    Selamat mencoba

    Source -eli- : Atlas Tumbuhan Obat Ind./Dr. Setiawan Dalimartha

    3 comments to Manfaat Jeruk Purut

    Leave a Reply

     

     

     

    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>